Pages

Subscribe:

Sabtu, 18 September 2010

Bintang Bersuara Bagaikan Bunyi Bel


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDQCz6F-_g4vTXxpvsq25pKt_wlx23XBCQ4NA8vBLoj95Ylj4TYq1KzrqOSApaKpwCEfzc7TQb5dJDMM9SAmTSv4vI43H2uiQwr1LCzXRn5x6jjphMJHN4KTciVuyxH1WzYhFu9KG5pk3w/s400/HD49933.jpg

Ditemukan, bahwa suara dari bintang terdengar bagaikan bunyi bel. Hal ini ditemukan oleh sebuah penelitian pada sebuah bintang, yang terletak di gugusan rasi bintang Unicorn.


Pada sebuah analisis yang dilakukan oleh para ilmuwan di National Centre untuk Atmospheric Research mengumumkan, bahwa suara dari bintang terdengar seperti bunyi bel. Demikian seperti dikutip dari Discovery News, Rabu (1/9/2010).

Temuan ini dilakukan dengan menggunakan data dari hasil penelitian selama 187 hari yang dikumpulkan oleh Convection Rotation and Planetary Transists (CoRoT). Mereka pun meneliti gelombang suara dari sebuah bintang yang sedang mengalami siklus magnetik bernama HD 49933, yang terletak di konstelasi rasi bintang Unicorn.

http://www.unicornlady.net/Gallery/images/9-1/pegasus_star_field_II.jpg

Para peneliti NCAR menggunakan teknik yang disebut stellar seismology. Teknik tersebut menganalisa fluktuasi akustik untuk mendeteksi pola telltale, yang disebut sebagai 'tanda', yang menandai wilayah yang sedang ada aktivitas magnetik, 'bintik bintang', sebuah analogi dari bintik matahari.

Yang menarik adalah pola 'bunyi' nya selalu berubah seiring siklus dari bintang tersebut, dan ketika siklus magnetiknya mencapai puncaknya, bintang tersebut akan mengeluarkan nada yang tinggi pada volume yang rendah, sebelum siklusnya kembali berulang kembali.

Jauh di tahun 1610, Galileo membuat sejarah, ketika ia meneliti bintik matahari melalui teleskopnya. Lalu The Zurich Observatory mengamatinya secara berulang bintik matahari di tahun 1849, penghitungan pertama jumlah kumpulan bintik matahari dan lalu jumlah individu bintik matahari. (",)v




Sumber : techno.okezone.com, berbagai sumber lainnya
Editor : AdeL`FarouK Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Hello friend, jika artikel di atas menarik menurut kamu, jangan lupa berikan sepatah dua patah kata komentarnya ya.”

Lazada Indonesia